Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Para Blogger Pemula


Setelah beberapa hari yang lalu saya membuat artikel tentang Tips Seputar Blogging Untuk Para Blogger Pemula, kali ini saya ingin membahas tentang kesalahan umum yang sering terjadi bagi para blogger pemula. Sebaiknya Anda simak baik-baik supaya dapat lebih mendalami tentang blogging.

Tidak Mengenal Audiens Anda

Satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh para blogger yaitu tidak mengenali siapa yang akan menjadi target Audiens. Mereka menciptakan banyak konten tanpa menyadari apa pembaca mau untuk membacanya.

Sebelum menulis sebuah artikel sebaiknya Anda sudah memiliki gambaran tentang siapa yang akan Anda targetkan. Setelah itu lakukanlah riset tentang apa yang ingin dibaca oleh Audiens Anda.

Inkonsistensi

Banyak sekali blogger baru yang bersemangat saat ngeblog, tapi disaat seiringnya waktu mereka menjadi inkonsistensi, sudah tidak sering blogging, tidak dekat pula dengan pembaca, ataupun menulis artikel sekenanya.

Mempertimbangkan dengan jumlah blogger saat ini serta konten yang menyerang kita tiap harinya, yang menjadikan inkonsisten bisa jadi kesalahan fatal bagi seorang blogger. Pembaca akan melupakan Anda dengan cepat dan Anda akan kehilangan semua sumber trafik pada blog Anda.

Jadi sebelum mulai blogging, cobalah mengatur tugas dengan cara yang realistis supaya Anda dapat selalu tahu tentang apa yang harus dilakukan. Setelah Anda menerbitkan postingan, pastikan Anda memiliki waktu untuk mempromosikannya.

Baca Juga : Peran Penting Meningkatkan Trafik Blog dengan Sosial Media

Search Engine Optimisation

Jika kita membicarakan tentang SEO, ada dua kelompok blogger yang berbeda, yang pertama adalah blogger yang menulis untuk kepentingan search engine, dan yang kedua yaitu blogger yang menulis tanpa memperdulikan search engine sama sekali. Untuk kelompok yang pertama, menulis hanya untuk masuk peringkat dapat membuat postingan tidak terbaca. Dengan menggunakan kata kunci tidak membuat Anda masuk sejauh itu dalam SEO.

Sebaliknya, untuk mereka yang tidak memperhatikan SEO sama sekali ketika menciptakan sebuah konten, baik itu dikarenakan SEO yang terlalu sulit ataupun mereka yang tidak menyadari pentingnya strategi SEO.

Sekarang Anda dapat membuat SEO menjadi lebih mudah dengan bantuan plugin Yoast SEO yang memberitahu Anda dengan pasti apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan blog post.

Bukan Semata-mata Tentang Anda

Baik itu sebagai individu maupun perusahaan, banyak sekali blogger yang melakukan kesalahan karena terlalu banyak bicara tentang diri sendiri. Untuk kasus individu, tidak ada yang akan peduli dengan Anda ataupun hidup Anda, yang mereka inginkan yaitu informasi yang Anda sajikan. Yang mereka nilai yaitu kualitas dari konten di blog Anda, bukan apa yang sedang Anda lakukan belakangan ini ataupun separah apa sakit yang sedang Anda derita. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh untuk melampirkan hal pribadi di dalam tulisan Anda, hanya saja jangan sampai berlebihan dalam melakukannya.

Sedangkan untuk blog bisnis, banyak yang hanya membicarakan tentang diri mereka, produk mereka, kenapa orang-orang harus menggunakan produk mereka, dan apa saja hal baik dari produk mereka. Ini tidak membuat orang membaca di blog Anda. Bahkan kebanyakan dari mereka tidak akan percaya dengan Anda ataupun pendapat Anda jika Anda hanya membicarakan apa yang membuat produk Anda terlihat bagus.

Tidak Memiliki Niche yang Kuat

Satu hal yang menjadi kesalahan besar bagi seorang blogger yaitu menjadi semuanya bagi semua orang. Dengan semakin jelas dan terdefinisi misi blogging Anda, berarti Anda sudah mengembangkan niche yang fokus dan bernilai.

Misalkan, jika Anda blogger tentang perbankan dan tertarik dalam lead generation untuk pinjaman bisnis kecil, Anda tidak perlu membuang-buang waktu dan energi untuk mencoba menulis tentang pasar hipotek. Tapi Anda hanya perlu memfokuskan energi pada niche serta topik yang menarik dalam pinjaman untuk bisnis kecil. Ini dimaksudkan untuk kekayaan topik yang lebih spesifik dan akan menjadi lebih menarik serta informatif bagi kelompok orang yang lebih kecil.

Baca Juga : Solusi Terbaik Mencari Niche Untuk Blog Anda

Mencakup Terlalu Banyak Topik

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan para blogger yaitu mencakup terlalu banyak topik. Banyak blogger yang ingin mendapatkan banyak audiens, jadi mereka menulis tentang banyak topik. Yang menjadi permasalahannya yaitu lingkup blog bisa menjadi hilang dan bahkan menjadi tidak menarik bagi para audiens. Dengan mendefinisikan area kata kunci pada blog post dapat mengasah konten dan memfokuskan pengetahuan serta keahlian blogger.

Tidak Berkomitmen pada Proses

Kebanyakan orang yang masuk ke dunia blogging mengira akan segera menerima dampak langsungnya dari bisnis mereka. Visibilitas mesin pencari, serta trafik akan meningkat, lalu mereka akan menerima banyak uang.  Tapi tidak seperti iklan pay per click, untuk membangun sebuah blog Anda membutuhkan waktu dan usaha. Coba Anda rencanakan untuk menulis 3 sampai 4 post per minggu selama 6 bulan supaya mendapatkan hasil seperti yang di harapkan, atau lebih banyak jika mereka berada di industri kompetitif.

Ini bisa dibilang lebih dari sekedar menulis, Anda juga perlu untuk menulis post yang kaya akan kata kunci dengan cara persuasif, membuat judul yang menarik untuk di baca, dijadikan tautan, dan di bagikan ke berbagai sosial media.

Struktur Postingan Blog

Cara Anda dalam menyusun blog post akan berdampak besar dalam keberhasilan blog, jika sebuah blog post terstruktur dengan baik maka hal ini akan membantu dalam segi SEO dan post menjadi lebih mudah untuk dibaca. Sertakan gambar fitur dan juga perbanyak gambar pada post. Sub headline juga dapat membantu, baik dalam SEO ataupun dalam keterbacaan. Dengan dua tips sederhana tersebut dapat membuat perbedaan besar dalam keterbacaan blog post Anda.

Fokus pada Kuantitas Bukan Pada Kualitas

Banyak blogger yang lebih fokus pada kuantitas dari pada kualitas dan inilah kesalahan besar. Ada berbagai teori yang menyatakan bahwa Anda harus blogging beberapa kali dalam seminggu supaya blog selalu terlihat segar, baik dari perspektif manusia atupun perspektif dari mesin pencari.

Butuh banyak waktu untuk meriset, menulis, mengedit blog post yang bagus dan mendalam. Kecuali jika Anda adalah perusahaan besar dengan tim penulis profesional, tidak ada cukup waktu dalam sehari untuk melakukan ini dengan baik, karenanya banyak blog muncul dengan materi yang ada di bawah standar.

Tulisan yang Buruk

Tentunya tujuan dari seorang blogger sama dengan penulis lainnya, yaitu memperoleh dan juga mempertahankan pembaca, dengan semakin banyaknya pembaca akan semakin baik pula. Tapi ada satu hal yang membuat pembaca reguler dan potensial pergi, yaitu tulisan yang buruk.

Dengan mudahnya untuk menciptakan blog saat ini yang membuat tulisan bagus dalam terbitan telah banyak menghilang. Memang sering ditemukan kesalahan format, ejaan, ataupun tata bahasa pada blog post dan artikel yang diterbitkan secara online.

Kesalahan ini tidak hanya membuat postingan sulit dan tidak enak untuk di baca, tapi juga mempersulit penyampaian inti dari artikel tersebut, dan pada akhirnya pembaca akan menganggap blogger sebagai tidak profesional.

Tentu tulisan yang baik adalah lebih dari sekedar kalimat yang strukturnya dengan benar dan telah diperiksa ejaannya, tapi tulisan yang baik memiliki inti dan juga bisa diakses, dengan kata lain mudah untuk dibaca dan dipahami. luangkan waktu Anda untuk meriset ide, fakta, dan konsep yang Anda tidak yakin, dan yang paling penting yaitu membaca kembali tulisan sebelum diterbitkan.

Headline yang Jelek

Headline yang buruk juga dapat mempengaruhi trafik yang buruk. Judul merupakan bagian yang akan menarik pembaca ke konten Anda. Jadi buatlah Headline yang menarik perhatian. Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula yaitu mereka tidak memberi kejelasan tentang isi postingannya, atau mereka terlalu berusaha keras untuk menjadi lucu dan cerdas, sayangnya hal tersebut tidak membuahkan hasil.

Semakin Anda spesifik dengan apa yang Anda tulis, itulah yang terbaik. Hal tersebut tidak hanya memberi para pengunjung informasi yang lebih tentang seberapa penting artikel yang Anda buat untuk mereka, tapi kemungkinan juga akan meningkatkan post di Search Engine karena saingan yang lebih sedikit untuk istilah yang sedang Anda gunakan.

Sebisa mungkin buatlah headline yang pendek, tapi tetap deskriptif. Jangan menggunakan 10 kata lebih bila Anda bisa mengatakannya dalam  7 kata. Karena Google membatasi judul hingga 70 karakter, jadi Anda harus selalu membuat judul di bawah jumlah tersebut.

Editan yang Kurang Baik

Kebanyakan blog, entah itu blog lama ataupun blog baru, Anda akan tau jika kontennya tidak di edit sama sekali, bahkan terlihat seakan diterbitkan segera setelah ditulis. Blog post yang tidak diedit atau sembarang diedit dengan permasalahan struktur bahasa, penggunaan kata yang tidak perlu, kalimat tidak efektif, dan lain sebagainya, hal ini akan menciptakan pengalaman membaca yang buruk dan hal ini memberitahukan kalau Anda tidak memperhatikan hal-hal rinci.

Tiap orang memang sering membuat kesalahan, dan seorang blogger tidak terlepas dari hal ini. Menurut Anda apa yang menjadi kesalahan terbesar dan yang paling umum yang dilakukan oleh seorang blogger? Dan kesalahan apa yang Anda perbuat sebagai seorang blogger? Semoga tips tentang blogging di atas bisa bermanfaat bagi para blogger.

No comments for "Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Para Blogger Pemula"