5 Cara Mudah Meningkatkan Performa HP


Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebutuhan akan sebuah smartphone android di berbagai kalangan masyarakat pada masa sekarang ini sudah menjadi suat hal yang sangat penting. Sebab, selain bisa digunakan untuk berkomunikasi, ponsel android juga memiliki peran penting lainnya. Misalnya untuk dokumentasi, menonton video, bermain game, berbisnis dan lain sebagainya.

Selain itu, sekarang ini juga sudah banyak beredar berbagai jenis dan merk smartphone dengan berbagai jenis fitur, teknologi, desain dengan harga yang bervariasi. Contohnya Samsung, Advan, Oppo, Coolpad, Evercoss, Mito, Sony, Nokia, HTC, Asus, Xiaomi, Google, Lenovo dan lainnya.

Akan tetapi, tidak semua ponsel cerdas yang sekarang beredar di kalangan masyarakat memiliki kinerja yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Terkadang, pengguna mengalami beberapa masalah. Misalnya dalam kinerjanya lambat atau lemot, hang, lag, aplikasi not responding dan yang lainnya.

Dalam upaya meningkatkan atau mempercepat kinerja ponsel android, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Seperti menghapus aplikasi yang tidak penting, mengosongkan ruang penyimpanan, menghapus berkas file atau cache, menghentikan secara paksa aplikasi yang berjalan, membekukan aplikasi, atau dengan menggunakan bantuan aplikasi utnuk mempercepat kinerja android tanpa root atau dengan root.

1. Optimalkan Kinerja RAM

RAM memiliki peran penting dalam mempercepat kinerja android. Jika semakin tinggi ruang kapasitas sebuah RAM, maka semakin bagus pula kinerja Android. Tetapi bagi anda yang memiliki HP android dengan kapasitas kecil, silahkan matikan aplikasi yang banyak mengkonsumsi RAM.
  1. Buka menu Setelan / Settings.
  2. Buat Android Kitkat (4.1.1) kebawah, tap Apps » Running.
  3. Buat Android Lollipop (5.0.1) keatas, pilih Smart Manager » RAM.
  4. Nonaktifkan aplikasi yang banyak mengkonsumi penggunaan RAM.
  5. Selesai.

2. Hapus File tidak penting atau Pindahkan

Salah satu yang menyebabkan terjadinya smartphone android lemot dan kadang tidak merespon (hang) adalah karena penyimpanan internal penuh. Untuk itu, silahkan hapus file yang tidak penting atau pindahkan ke kartu memori (memory card) atau bisa juga dipindahkan kedalam komputer.

3. Hapus dan Bersihkan Cache

Cara ini selain berfungsi untuk mengosongkan ruang penyimpanan, menghapus data cache juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja hp android. Untuk membersihkan cache yang tersimpan, silahkan ikuti petujuk berikut:
  1. Buka menu Pengaturan / Setelan / Settings.
  2. Cari dan Buka menu Storage / Penyimpanan.
  3. Pilih "Internal Storage / Penyimpanan Internal".
  4. Tap "Cached Data / Data yang Terseimpan".
  5. Tap "Hapus" dan Tunggu beberapa saat.
  6. Selesai.

4. Hapus aplikasi tidak penting

Ketika anda baru saja membeli sebuah smartphone baru, di dalamnya pasti sudah ada beberapa aplikasi yang sudah terpasang. Namun beberapa aplikasi tersebut sangat jarang atau sama sekali tidak pernah digunakan. Tidak jarang juga penggunanya sama sekali tidak mengetahui apa fungsi app tersebut. Untuk itu silahkan anda menghapusnya.
  1. Buka menu Pengaturan / Setelan / Settings.
  2. Ketuk menu Apps Manager / Pengelola Aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang akan dihapus.
  4. Pilih "Hapus/Uninstall"
  5. Lakukan terhadap semua aplikasi yang akan dihapus.
  6. Selesai.


5. Gunakan Launcher

Salah satu kelebihan smartphone android yang membuatnya banyak digunakan adalah kemudahan untuk melakukan kustomisasi.

Jika Anda bosan dengan tampilan yang dibawa oleh OEM perangkat android, anda dapat mencoba menggunakan launcher lain. Selain berganti suasana, mengganti launcher juga berguna untuk mengatasi android anda yang terasa lemot berkat UI bawaannya.

Itulah yang bisa saya jelaskan tentang cara meningkatkan performa hp, dan semoga artikel ini dapat membantu Anda. Rawatlah hp Anda layaknya Anda merawat tubuh Anda, jangan hanya asal pakai dan membiarkannya begitu saja.